Non Fiksi

Hati Seluas Samudera

WhatsApp Image 2017-07-26 at 08.50.43
sumber: google

Betapa indah jika setiap hati manusia memiliki hati seluas samudera…karena di dalam hati dan pikirannya tidak lain hanyalah dipenuhi dengan prasangka-prasangka baik kepada Tuhannya, ia ridha bahwa Allah adalah Tuhannya, dan juga ia mengasihi manusia-manusia lainnya dengan menyuburkan prasangka baik kepada mereka.

Hati seluas samudera merupakan nama lain dari sebuah kelapangan hati atas penerimaan segala sesuatu di dunia ini. Ia tidak peduli atas apa yang ditimpanya meski harus berseberangan dengan keinginan diri. Kenapa bisa? Lagi-lagi karena hati seluas samudera selalu memahami bahwa tidak ada takdir terbaik selain apa yang Dia rencanakan di setiap episode kehidupan.

Hati seluas samudera adalah buah lembut dan jernihnya hati, karena ia mengutamakan Allah di atas nafsu syahwatnya. Hati adalah bejana Allah di bumi-Nya. Maka, hati yang paling dicintai oleh-nya adalah hati yang paling lembut , paling teguh, dan paling jernih.

“Sesungguhnya Allah mempunyai bejana pada penghuni bumi. Bejana Rabbmu adalah hati para hamba-Nya yang shalih. Hati yang paling dicintai-Nya ialah hati yang paling lunak dan hati yang paling lembut.”*

Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah dalam Fawaidul Fawaid**:

“Jika hati dipupuk dengan dzikir, disirami dengan pikir, dan dibersihkan dari karat dosa, niscaya ia akan mengetahui berbagai keajaiban dan diilhami dengan hikmah-Nya.”

Jika Allah sudah cinta dan menghendaki kebaikan baginya, maka tidak ada suatu hal pun yang dapat menyangkalnya. Jika Allah sudah mencintai seorang hamba, maka dibuatlah ia bekerja untuk-Nya, mencintai-Nya, dan ikhlas beribadah kepada-Nya…

Ya Allah, kami ingin memiliki hati seluas samudera, lagi Engkau cintai.

***

Referensi:

*Lihat takhrij-nya dalam as-Silsilatush Shahihah (no. 1691)

** Al-Jauziyyah, I.Q. 2015. Fawaidul Fawaid. Pustaka Imam Asy-syafi’i, Jakarta.


Yogyakarta, 26 Juli 2017

Pukul 07.58 WIB

Rumah Cahaya Asma Amanina

#30DWCJilid7 #Day20

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *